LATAR BELAKANG


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada Mahasiswa di tengah masyarakat diluar kampus, secara langsung dapat membantu masyarakat di dalam pembangunan dan membantu menangani masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Kegiatan KKN Tematik merupakan media yang efektif dan edukatif untuk mengasah kompetensi mahasiswa sekaligus mempraktikkan ilmu dan menerapkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Kegiatan KKN sebagai salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa penerapan ilmu yang didapatkan selama berada di bangku perkuliahan. 
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Trunojoyo Madura semester Genap tahun Akademik 2017/2018 dilaksanaan di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Kelompok 14 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura pada tahun ini di tempatkan di Desa Batu Belah Timur Kec. Dasuk Kab. Sumenep. 
Kali ini dari kelompok 14 Kuliah Kerja Nyata / KKN Tematik 2018 menyusung tema "Pengembangan dan Optimalisasi Hasil Pertanian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Batu Belah Timur Kecamatan Dasuk". Desa Batu Belah Timur memiliki lahan yang cukup luas untuk pertanian, kondisi tanah yang sangat subur, dimana lahan digunakan oleh sebagian masyarakat untuk bercocok tanam aneka sayur - sayuran padi dan tembakau. 
Salah satu produk unggulan dari desa ini yaitu jambu mente. Upaya awal yang dapat dilakukan untuk pengoptimalan hasil pertanian dan jambu mente yakni dengan melakukan beberapa trobosan sehingga produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah serta nilai jual yang lebih dari sebelumnya. Salah satu cara yakni dengan mengedukasi dan melatih masyarakat untuk memanfaatkan setiap hasil panen mereka yang melimpah bukan hanya dikonsumsi dan dijual dalam kondisi mentahan atau bahan baku melainkan menjadi sebuah produk inovasi yang kreatif sebagai salah satu sarana memajukan perekonomian masyarakat batu belah timur.
Maka dari itu KKN 14 Tematik 2018 menyusun program kerja utama yang meliputi:
1. Pelatihan pembuatan selai jambu mente
2. Pelatihan pembuatan kopi mente 
3. Pelatian IT
Selain itu KKN 14 memiliki program kerja pendukung yang meliputi:
1. Baksos
2. Pembuatan kerajinan tangan "Kain Perca"
3. Bimbingan belajar
4. Mengajar SD
Kegiatan ini diharapkan akan menjadi pondasi awal dalam rangka penyatuan persepsi dalam pembangunan desa batu belah timur.Kegiatan ini pun dihaapkan dapat  terjalin suatu bentuk  kerjasama antara  mahasiswa dan masyarakat.

0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur