KKN 14 UTM MENGUNJUNGI HOME INDUSTRI TAHU DI BATUBELAH TIMUR

Kuliah Kerja Nyata (KKN) 14 UTM Pada hari senin 23 Juli 2018 menyempatkan waktunya untuk mengunjungi salah satu Home Industri Tahu di Dusun tengah Desa Batubelah Timur Kecamatan Dasuk,Sumenep. Diselala-sela kesibukan teman-teman mengabdi kepada Lembaga formal SD /MI, kelompok KKN 14 UTM juga tidak lupa untuk melihat dan mengetahui bagaimana Perindustrian di Desa Batubelah Timur. Home industri yang di kunjungi adalah milik dari Bapak Kama yaitu pengusaha tahu , adapun usaha tersebut sudah berlangsung kurang lebih 20 tahun.
Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana yaitu menggunakan kedelai sebagai bahan utama pembuatan tahu, dimulai dari proses perendaman kurang lebih 2 jam , setelah itu di giling,dimasak 3 kali , disaring kemudian diambil ampasnya , ditambah cuka secukupnya (sesuai kebutuhan) , kemudian dicetak kepada wadah yang telah tersedia sehingga proses terakhir yaitu di iris. Dalam sehari Bapak Kama dengan 2 karyawannya bisa memproduksi sekitar 50 kotak , dimana dalam 1 kotaknya bisa menghasilkan 64 irisan. 
“Selama ini kami tidak mengalami kendala yang bararti kecuali bahan kedelai itu memang habis di jual dipasaran ,serta kondisi tubuh yang kurang sehat” tutur Bapak Kama di akhir wawancara. 
 

0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur