Kondisi Geografis



Desa Batu Belah Timur terletak di Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep yang memiliki luas administrasi 326,22 ha, yang terdiri dari 3 dusun yaitu dusun Girgunung, Dusun Tengah dan Dusun Laok.



Adapun pola pembangunan lahan di desa Batu Belah Timur sendiri lebih didominasi oleh kegiatan pertanian dan perkebunan. Desa Batu Belah Timur termasuk daerah dataran tinggi serta memiliki keadaan tanah yang kering dan beriklim tropis sehingga di desa Batu Belah Timur juga sering sulit mendapatkan air, hal ini diakibatkan oleh minimnya sumber mata air yang ada dibawah tanah sehingga air tidak mengair deras untuk mengairi seluruh masyarakat desa Batu Belah Timur. Sehingga masyarakat desa Batu Belah Timur kesulitan untuk memproduksi atau menanam padi, meskipun masih beberapa masyarakat desa Batu Belah Timur menanam padi namun masih memanfaatkan air hujan untuk mengairi padinya tersebut atau memanfaatkan aliran kali yang mengalir pada beberapa desa di Batu Belah Timur.

Pengolahan lahan di desa Batu Belah Timur  terdiri dari lahan untuk persawahan, lahan untuk perkebunan, pemukiman penduduk dan lahan kosong. Karena sebagian besar masyarakat desa Batu Belah Timur adalah sebagai petani, lahan yang paling luas adalah untuk pertanian atau perkebunan. Area perkebunan ditanami berbagai jenis tanaman Cabai, Terong dan Timun. Lahan untuk persawahan juga termasuk lahan yang paling luas kedua setelah area perkebunan. Perkebunan desa Batu Belah Timur berupa perkebunan Buah Jambu Mente, kelapa sawit yang dapat ditemui sepanjang jalan. Ada juga lahan kosong yang tidak dimanfaatkn untuk pertanian atau perkebunan, namun digunakan untuk melepskan hewan ternak warga seperti sapi dan kambing agar bisa makan rumput-rumput dilahan kosong tersebut.



0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur