Launching Perdana Produk Unggulan “Selai Buah Jambu Mente” dalam Rapat Konsultasi TP PKK desa se-Kec Dasuk.

Batu Belah Timur, Sumenep



Desa Batu Belah Timur adalah desa yang terletak di salah satu Kecamatan Dasuk yang berada di Kabupaten Sumenep. Desa batu belah timur pun penghasil buah Jambu mente terbaik yang ada di kecamatan Dasuk. Walaupun desa Batu belah timur ini dikenal dengan hasil terbaik buah jambu mentenya, masyarakat yang berada di desa batu belah timur ini kurang memahami bagaimana mengolah buah  jambu mente ini menjadi bahan olahan baru atau tidak memiliki pengetahuan bagaimana mengolahnya menjadi bahan inovasi baru.


Solusi atas keadaan ini ialah dengan membangun atau mengadakan pelatihan  terhadap warga setempat yang berada di desa Batu Belah Timur Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga dalam mengembangkan produk ataupun potensi desa yang selama ini belum tersentuh. Upaya untuk melaksanakan kegiatan ini adalah merangsang masyarakat  Batu Belah Timur untuk memahami dan mengerti bahwa buah jambu mente ini bisa lebih diolah dari sekedar dijual bahan mentahan saja akan tetapi lebih dari itu. Pada tanggal 30 Juli 2018 Kelompok 14 KKN tematik Universitas Trunojoyo Madura menghadiri acara “Rapat Konsultasi” Tim Penggerak PKK desa se-Kec. Dasuk. 

Acara ini di hadiri oleh 15 desa yang berada di kecamatan Dasuk, yang mana mahasiswa Kelompok KKN 14 di beri kesempatan untuk memberikan sambutan, masukan dan saran terhadap ibu-ibu PKK yang berada di Kecamatan Dasuk. Di kesempatan tersebut mahasiswa kelompok 14 mulai mengenalkan  inovasi terbaru dari buah jambu  mente ini. Yang mana, produk yang dikenalkan oleh Kelompok KKN 14 adalah Selai Jambu Mente. Masyarakat mulai antusias dengan ilmu dan pengetahuan yang di dapat dari mahasiswa saat produk selai buah jambu mente ini pertama kali dilumcurkan pada acara Rapat Konsultasi TP PKK desa se-Kec Dasuk.

0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur