Sejarah Desa Batu Belah Timur



Desa Batu Belah Timur adalah desa yang terletak di salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Sumenep yaitu Kecamatan Dasuk. Desa Batu Belah Timur ini terdiri dari 3 (Tiga) Dusun di antaranya : Dusun Girgunung (Pinggir Gunung), Dusun Tengah, dan Dusun Laok (Turun Malam). Dengan 7 RW,, 14 RT, dan 53 Dasa Wisma. Dengan jumlah penduduk 1.601 jiwa, terdiri dari 765 Jiwa laki-laki dan 836 Jiwa perempuan.
Konon di sumenep terdapat banyak pertapa  yang salah satunya adalah raja sumenep  yaitu Joko Tole. Asal mula terbentuknya desa batu belah timur ini sendiri berawal dari sejarah dengan adanya batu  besar yang terletak di dusun laok (Turun malam) yang mulanya batu besar ini di percaya dapat berbicara dan saat itu pula hal ini terdengar kepada raja sumenep  yaitu Joko Tole. Beliau melakukan ziarah ke Batu tersebut dengan konsultasi secara gaib dan rupanya dalam konsultasi tersebut terjadi kesalah pahaman,  Yang mana penghuni batu besar tersebut berada di luar syari’at islam. Salah satu hal yang diluar syar’at islam yaitu mengajak orang-orang yang berada di sekitar nya  untuk melakukan ke-syirik-an. Sehingga saat permasalahan itu, muncullah sebuah amarah yang tidak dapat di selesaikan secara baik. Disaat itu terjadilah  dan muncul sifat benci dan dendam sehingga terjadi perpecahan dan pembelahan terhadap Batu besar tersebut yang dilakukan dengan menggunakan  cemuti  atau dalam bahasa Madura di sebut “Pechot”, Batu besar tersebut di pukul  lalu terbelah menjadi 2 bagian.
Yang dengan terpecahnya batu tersebut kearah Barat dan kearah timur, maka terbentuklah Desa dengan nama Batu Belah Timur dan desa Batu Belah Barat. Dan Batu yang telah terbelah menurut cerita saat ini , masih utuh dan di percaya batu tersebut menyimpan kisah mistis tersendiri.
Dusun-Dusun yang berada di desa batu belah timur ini memiliki sejarah asal usul nama dusun yaitu sebagai Berikut:
1    1.    Dusun Laok
Dusun laok  atau Toron malem adalah dusun yang berada di selatan . yang posisinya menurut bahasa madura selatan adalah laok. Dimana nama dusun ini di sebut dusun laok
2    2.   Dusun Girgunung
Adalah dusun yang  terletak di  perbatasan desa  yaitu di pinggir gunung atau di kenal oleh warga desa batu belah timur dengan sebutan duun girgunung.
3     3.  Dusun Tengah
Dusun ini berada di anatara dusun Laok dan dusun Girgunung yakni berada di tengah-tengah.

0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur