KKN 48 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Unggulan Nugget Singkong


kelompok KKN 48 bersama masyarakat dan ibu-ibu PKK


Kuliah Kerja Nyata (KKN) 48 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang berada di Desa Batubelah Timur, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, gelar sosialisasi dan pelatihan produk unggulan Nugget Singkong , pada Sabtu (13/07/2019) 

Produk tersebut berbahan dasar singkong, dimana singkong merupakan potensi yang ada di desa Batubelah Timur. Kali ini ada yang berbeda dari produk nugget pada umumnya, biasanya nugget yang beredar di pasaran berupa nugget daging. Tapi kali ini nugget yang dibuat oleh kelompok KKN yaitu nugget yang berbahan dasar singkong yang didalam berisi coklat.

Singkong merupakan salah satu karbohidrat yang baik bagi tubuh dan merupakan bahan makanan dengan kandungan kalori yang sangat tinggi. kandungan kalori yang terkandung di dalam singkong membuat singkong lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak mudah lapar.

proses pembuatan nugget singkong

Kegiatan ini dilaksanakan di posko KKN 48 yang berada di samping kediaman Kepala Desa. Pelatihan tersebut juga dihadiri oleh masyarakat dan Ibu - ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa Batubelah Timur yang berinovasi untuk mengulah singkong menjadi Nugget. 

Dalam Kegiatan ini diisi penyampaian materi, kritik, saran, dan tanya jawab yang dipandu oleh Nunung Ovianti selaku penanggung jawab produk unggulan. kemudian dilanjutkan praktik pembuatan nugget singkong.

Nugget Singkong


"Menurut saya cukup menarik untuk dijadikan peluang usaha, karena dengan produk yang berbahan dasar singkong yang relatif murah dan rasanya juga unik, enak serta digemari oleh berbagai kalangan.'' Ujar Ibu Matrawi, Sekretaris Desa Batubelah Timur.

Dalam kegiatan ini masyarakat desa Batubelah Timur sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut. 

0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur