Mahasiswa Kelompok KKN 48 ikut Membantu Petani Panen Cabai di Desa Batubelah Timur



Desa Batubelah Timur terletak di Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Mayoritas warga di desa tersebut mata pencahariannya sebagai petani. Terdapat beberapa komoditas pertanian di Desa Batubelah Timur, diantaranya tanaman singkong, padi, kacang tanah, timun, kacang panjang, tembakau, jambu mente, tanaman cabai, dsb.

Tidak seperti biasanya, pemandangan di sawah pada pagi hari itu, Minggu (07/07/2019) terlihat berbeda dengan adanya kelompok mahasiwa KKN 48 yang ikut membantu petani panen cabai milik salah seorang petani yaitu Bapak Matrawi.

Panen dilakukan sekitar jam 08.00 sampai selesai, panen ini dilakukan oleh buruh tani yang dibantu oleh mahasiswa KKN 48 Universitas Trunojoyo Madura.


        kegiatan panen cabai 


‘’Saya sangat senang dengan kedatangan KKN 48 Universitas Trunojoyo Madura di desa Batubelah Timur, karena ada adek-adek mahasiwa yang ikut membantu panen cabe kali ini.’’ Ujar salah satu buruh tani.

 contoh tumbuhan cabai yang ada di desa Batubelah Timur


Menurut salah satu buruh tani yang berada di sawah pada saat itu, setiap kali panen biasanya bisa mencapai satu ton, selanjutnya hasil panen akan di jual kepada pengepul yang ada di desa Batubelah Timur, kebetulan pada saat itu harga perkilonya sebesar Rp. 28.000. Panen ini dilakukan dengan cara memetik cabai yang sudah matang dengan melihat ukuran cabe yang sudah besar.




0 komentar:

Copyright © 2018 KKN 14 TEMATIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Desa Batubelah Timur